BillMcGaughey.com

untuk: pendongeng pribadi

Perpisahan Checkpoint Charlie

Catatan: "Farewell Checkpoint Charlie" menggambarkan sebuah petualangan dalam perjalanan dunia. Saya mengunjungi Berlin pada musim semi tahun 1990, sebuah kota di mana saya tinggal selama beberapa bulan di tahun 1962. Kisah ini menggabungkan wisata dengan pengalaman perubahan politik bersejarah. Cerita ini ditulis pada musim panas 1990 untuk newsletter departemen saya di Komisi Transit Metropolitan.

***** *** ***** *** ***** *** ***** *** ***** *** ***** *** ***** *** ***** *** ***** *** ***** *** ***** *** ***** *** *****

Wisatawan ke Eropa Timur telah menemukan bahwa bahkan kegiatan sederhana menjadi terjerat dalam pita merah. Aku punya yang mengalami sendiri ketika saya mengunjungi Jerman Timur Februari lalu.

Saya telah segera didorong ke Berlin Barat di mobil sewaan setelah tiba di Frankfurt pada 24 Sabtu, Februari - hanya 6 jam terlambat. Jadi itu 03:00 pada saat aku berhenti di sebuah lingkungan Berlin barat dekat dengan tempat teman saya dari bertahun-tahun juga tinggal. Dia, istrinya, dua anak perempuan, seorang teman Perancis dan saya menghabiskan Minggu tramping sekitar Berlin timur, membeli souvenir terkelupas dari Tembok, memiliki minuman di sebuah kafe di "Unter den Linden" jalan, dll saya, menjadi seorang Amerika, harus masukkan Berlin Timur melalui "Checkpoint Charlie" di tengah-tengah kota. Teman-teman saya, warga Berlin barat, masuk di tempat lain. Tahun yang lalu, Amerika bisa mengunjungi Berlin Timur, tapi bukan penduduk Berlin Barat. Sekarang lebih mudah bagi mereka untuk melewati perbatasan.

Teman-teman saya memiliki kerabat di Leipzig, sebuah kota sekitar seratus mil sebelah selatan dari Berlin di Jerman Timur. Mereka menyarankan agar saya mengunjungi kota yang pada hari Senin dan mungkin menyaksikan Senin aksi malam yang terkenal di alun-alun di mana demonstrasi protes terhadap pemerintah komunis telah dimulai pada musim gugur sebelumnya. Ini adalah periode perubahan politik hati - tiga minggu sebelum pemilihan umum nasional Jerman Timur yang akan menempatkan negara itu pada kursus perusahaan reunifikasi dengan Jerman Barat.

Ekspedisi Minggu sore kami telah menemukan sebuah reli massa partai komunis tua di Marx-Engels-Platz di Berlin Timur, berjuang untuk kehidupan politiknya (tetapi tidak berhasil).

Teman-teman saya membuat panggilan telepon ke kerabat Leipzig dari mereka rumah Berlin Barat. Kami tahu bahwa pemerintah Jerman Timur diperlukan bahwa pengunjung asing memiliki reservasi hotel perusahaan untuk mendapatkan visa untuk perjalanan di negara itu. (Sebaliknya, orang asing bisa mendapatkan visa satu hari untuk melihat-lihat di Berlin Timur tanpa reservasi hotel selama 5 Deutschmarks.) Tidak ada yang halus tentang ini; Jerman Timur ingin mendapatkan mata uang keras dari kunjungan luar negeri, dan hotel yang biasanya mahal. Orang-orang di Leipzig pikir mereka bisa memenuhi kebutuhan Hotel dengan membuat reservasi untuk saya di sebuah hotel di pinggiran kota yang jauh lebih murah dari yang direkomendasikan untuk wisatawan.

Saya berangkat Senin pagi untuk Berlin Timur di mobil saya menyewa, Mazda, dengan orang-orang rencana perjalanan dalam pikiran. Halangan pertama terjadi pada titik silang Checkpoint Charlie mana saya belajar itu tidak cukup untuk mengutip pemesanan hotel untuk menerima visa perjalanan satu hari. Aku harus mendapatkan surat-surat yang diperlukan dari kantor Jerman Timur untuk pengunjung asing. Aku bertanya di mana kantor yang mungkin. Penjaga perbatasan mengatakan itu di Charlottenstrasse.

Memiliki peta jalan kecil dari Berlin, aku pergi untuk beberapa blok, parkir mobil saya, dan mempelajari peta. Charlottenstrasse tidak terlalu jauh dari Checkpoint Charlie. Aku melaju di sekitar daerah itu sedikit, dan meminta beberapa orang di mana kantor asing pengunjung adalah. Tidak ada yang tahu apa-apa tentang hal itu. Tampaknya bahwa saya membutuhkan alamat yang tepat. Jadi aku berjalan kembali ke Checkpoint Charlie dan, panjang lebar, mampu menemukan seorang penjaga yang akan membantu saya. Alamat itu Charlottenstrasse 45, seperti yang saya ingat.

Sekarang bagian yang sulit dimulai. Aku cepat terletak Charlottenstrasse di daerah dekat Checkpoint Charlie. Namun, nomor jalan berlari dari 1 sampai 30. Di sebuah jalan raya utama saya mengambil kelanjutan Charlottenstrasse. Sayangnya, nomor jalan di sini dimulai pada tahun 60-an. Jadi di mana nomor 45? Beberapa pekerja konstruksi pikir mungkin sekitar sepuluh blok jauhnya. tidak ada orang lain tampaknya tahu.

Aku tak punya pilihan selain untuk berjalan kembali ke Checkpoint Charlie dan menuntut penjelasan. Sekarang saya diberitahu untuk mengunjungi kantor perjalanan Jerman Timur, yang terletak di Aleksanderplatz, sekitar satu mil dan setengah lagi. Untungnya, kantor ini jauh lebih mudah untuk menemukan. Itu di sebuah bangunan 20 lantai dengan tanda besar, "Reiseboro" (kantor perjalanan), di atas menghadap ke arah saya. Namun, untuk menemukan tempat parkir lebih sulit. Ketika saya tiba di kantor tepat di lantai dua, itu, tentu saja, waktu makan siang dan meja itu tertutup. Saya menyambut baik kesempatan untuk bersantai sedikit dan mengumpulkan pikiran saya.

counter dibuka pada 13:00 The counter di mana visa dikeluarkan tidak akan melakukan itu sampai dokumentasi yang tepat diterima mengenai pemesanan hotel. meja lain akan menangani fungsi itu. Seorang wanita di counter yang mengatakan kepada saya, ketika saya memberinya nama hotel di Leipzig di mana pemesanan telah dibuat untuk saya, bahwa mereka, otoritas perjalanan, tidak mengakui bahwa hotel tertentu. Aku bertanya apa lagi yang tersedia. Rupanya, hampir semuanya dipesan di Leipzig untuk Senin malam, tapi ada ruang atau dua yang tersisa di kisaran $ 100 sampai $ 150 per malam (Dibandingkan dengan $ 25 yang saya harapkan untuk membayar).

Menjadi pelit bahwa saya dan lebih dari sedikit kesal, saya mengatakan wanita bahwa ini tidak dapat diterima. Akhirnya, dia sukarela informasi bahwa saya mungkin mendapatkan visa tanpa pemesanan hotel jika pengaturan telah dibuat untuk tinggal di rumah pribadi. Apa istirahat! Dari apa yang teman-teman saya terakhir Berlin Barat telah mengatakan kepada saya, keluarga mereka akan senang untuk menempatkan saya untuk malam. Sayangnya, dokumentasi memungkinkan pengaturan ini tidak dapat diperoleh di kantor perjalanan tapi di kantor lain - teman lama saya, kantor asing pengunjung di Charlottenstrasse.

Untungnya, aku sedang berhadapan kali ini dengan orang-orang yang tahu di mana kantor terletak. Mereka bahkan memberi saya secarik kertas kecil diketik dengan nama, alamat, dan nomor telepon. Charlottenstrasse 45 memang di mana pekerja konstruksi telah mengatakan itu, sekitar sepuluh blok jauh dari Checkpoint Charlie, dekat Unter den Linden dan Grand Hotel. Aku terburu-buru lebih baik, meskipun; kantor ditutup pada 03:00

Sudah menjadi jam sibuk. Lalu lintas adalah tebal di Friederichstrasse, dan aku harus menepi sesekali membaca peta. (Untungnya, di Berlin Timur peraturan parkir agak santai. Jika Anda perlu untuk taman, Anda hanya menarik dari jalan di trotoar. Aku terpaksa perangkat yang beberapa kali.) Kemudian mulai turun hujan. kaca depan saya berkabut saat aku melewati lalu lintas yang padat. Hujan berubah menjadi hujan es.

Visibilitas adalah nol. Aku berhenti di trotoar dan hanya duduk di sana. Itu 02:45. Bahkan jika saya menemukan kantor dan tempat parkir, aku mungkin tidak tiba di sana sebelum waktu penutupan dan pakaian saya akan direndam. Tuhan tidak bermaksud bagi saya untuk mengunjungi Leipzig malam itu, muncul.

Setidaknya tekanan itu pergi. Di sini saya adalah - saat Anda orang yang sibuk bekerja di Minnesota - terdampar di Berlin Timur dengan beberapa waktu di tangan saya.

Setelah hujan reda, saya pikir saya akan berkeliling kota untuk sementara. Friedrichstrasse tampak menarik. Aku menuju ke jalan yang jauh dari Checkpoint Charlie untuk mil atau lebih sampai saya mencapai sesuatu yang tampak seperti sebuah lingkungan. Saya memarkir mobil saya di trotoar, menguncinya, dan mengambil camcorder saya dengan saya untuk tur berjalan singkat.

Daerah memiliki beberapa fitur menarik. Salah satunya adalah rumah Berthold Brecht, dramawan terkenal, dan toko buku terdekat merangkak dengan siswa. Ada kantor partai politik yang sudah mati. hanya bisnis saya sebenarnya adalah untuk mencoba untuk mencapai saya teman Berlin Barat dan orang-orang di Leipzig untuk membiarkan mereka tahu apa yang telah terjadi padaku. mudah diucapkan daripada dilakukan!

Sistem telepon Jerman Timur tidak canggih. Pertama, saya harus mencari tahu dari seseorang (petugas di toko terdekat) apa kode area yang akan digunakan untuk telepon umum. Kemudian saya belajar bahwa itu perlu untuk menggunakan persis koin yang tepat untuk menempatkan panggilan, dan saya tidak kebetulan memiliki koin tersebut. Seorang wanita yang juga menggunakan telepon umum membuat perubahan bagi saya. Rintangan terakhir adalah untuk membuat pekerjaan panggilan. Aku mencoba jumlah Berlin Barat beberapa kali, tetapi hanya menerima sinyal sibuk. Aku mencapai seseorang di nomor Leipzig, tapi rupanya orang yang salah - karena ia tampaknya cukup marah ketika aku sampai dia untuk kedua kalinya. Mencoba manuver yang sama dari telepon umum lain tidak menghasilkan hasil yang lebih baik.

Untuk membuat cerita panjang pendek, saya kacau di sekitar East Berlin dengan camcorder saya selama beberapa jam, memiliki cahaya makan malam, dan kemudian kembali ke Berlin barat di mana telepon bekerja lebih baik. Itu hampir 21:00 Teman-teman saya menempatkan saya untuk malam, dan keesokan harinya dikirim saya dalam perjalanan untuk retak lain di perjalanan di Jerman Timur.

Kali ini, Selasa, saya memutuskan hanya untuk menerima hotel apapun pemesanan kantor wisata yang ditawarkan. Ada pilihan yang lebih besar - ruang untuk $ 45 per malam di sebuah hotel tua yang menawan disebut "Internationale" di pusat Leipzig. cuaca tidak membaik banyak. Saya melewati badai salju, pertama di autobahn dan kemudian di Route # 2 dari Berlin ke Leipzig, yang terjadi untuk menjalankan melalui Wittenberg, kota asal Martin Luther. Gereja di mana ia memukul 95 tesis di pintu telah digantikan oleh struktur megah. Sebuah "Layanan perdamaian" diadakan di 06:00, hanya pada saat saya tiba. Saya mencatat bagian dari itu dengan camcorder. Luther sendiri dimakamkan di dalam gereja, tapi saya tidak melihat penanda.

Melanjutkan lebih lanjut melalui badai salju pada malam hari di sebuah negara terpencil, saya akhirnya mencapai pinggiran Leipzig dan segera menepi oleh polisi. Saya lega, ia tidak tertarik dalam menangkap saya, tapi dalam memberi saya arah ke hotel.

Pada hari Rabu, saya melihat banyak Leipzig, termasuk Thomaskirsche mana Bach adalah tuan organ dan "Volkerverschlagdenkmal" yang merayakan kemenangan Jerman atas Napoleon pada Pertempuran Leipzig. Hal ini monumental baik dalam lingkup dan desain. Aku juga berhasil mengunjungi kerabat Leipzig, yang Martins, di apartemen mereka satu mil dari kawasan pusat bisnis. Mereka mengharapkan saya hari sebelumnya, tentu saja, dan bahkan telah menghubungi polisi untuk melihat apakah ada telah hilang dalam badai salju. Tidak ada seorang pun yang dilaporkan.

Semua ini berakhir dengan baik. Satu-satunya masalah adalah bahwa hari ekstra saya di Berlin Timur menempatkan saya hari di belakang jadwal, dan saya punya sedikit waktu untuk menghabiskan di Paris pada akhir perjalanan. Karena Perancis agak sebel dari Jerman, bahwa keputusan saya mungkin tidak memiliki duduk terlalu baik dengan host saya Perancis di Paris, yang Bosquets, yang, sambil menunjukkan beberapa perasaan anti-Jerman (dimengerti bagi orang yang menghabiskan waktu dalam konsentrasi Nazi kamp sebagai tawanan perang) yang setia pro-Perancis dan pro-Amerika. Tapi itu adalah saat yang bersejarah di Jerman, baik Timur dan barat, dan, berkat Mazda menyewa, saya bisa melihat beberapa hal.

(Post Script, tanggal Juli 1990: Checkpoint Charlie dibongkar pekan lalu dalam sebuah upacara yang menampilkan para menteri luar negeri dari empat kekuatan sekutu berjalan bergandengan tangan di seberang perbatasan sekali menakutkan di pusat kota Berlin.)